BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita
temukan adalah komputer. Sekarang komputer sangat
berkembang pesat hampir setiap tahun komputer
selalu mengalami perkembangan. Orang
bisa menggunakan komputer dimana saja di rumah, di kafe, di sekolah, dan di tempat lainnya. Sedangkan model dan design dari komputer
itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan
komputer maka hanya bias di kantor
atau di rumah, kalau
sekarang mereka bisa menggunakan
komputer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
Software komputer menjadi
bagian yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan menggunakan
komputer. Software office membantu kita mengerjakan pekerjaan kantor
yang berhubungan dengan dokumen pengolah kata, software grafis membantu
kita mengerjakan pekerjaan – pekerjaan olah gambar, ataupun software
multimedia yang membantu kita mengerjakan pekerjaan olah multimedia.
Saat ini sangat banyak software yang beredar
dimasyarakat baik yang gratis maupun berbayar. Dalam menentukan software mana
yang akan kita pakai. Berbagai jenis software dapat kita peroleh sesuai
dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita bisa mendapatkan software pengolah
kata seperti Microsoft Office, Wordpad, Open Office Writer, Corel
Wordprefect untuk kebutuhan menulis. Atau juga Photoshop, Coreldraw,
Adobe Freehand, Adobe Ilustrator, untuk desain gambar. Juga bisa
menggunakan Autocad, SAP, Autodesk Revit Architecture untuk desain rumah
atau bangunan.
Software yang kita
gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui
proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin
dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus, ditemukan di Babilonia
(Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu sebagai alat perhitungan manual yang
pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang saat itu. Pada
periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis
yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642,
Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s
Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith
pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga
listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat
pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru
komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan
system aljabar boolean.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan
pemakalah bahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Apa yang dimaksud dengan software?
2. Bagaimana perkembangan software dari dulu hingga saat ini?
3. Apa saja jenis dari software?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Software
Pengertian software secara harfiah adalah piranti
lunak,
perangkat lunak, program komputer. Istilah baku software dalam bahasa
Indonesia adalah perangkat lunak.[1]
Software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin
komputer
dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat
lunak) ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah,
maupun dokumen serta arsip lainnya.
Perangkat lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh
pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat lunak adalah program yang
berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software
sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras
komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga
perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi
yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia
tersebut.
Software adalah komponen
dalam data processing system yang berupa program-program dan
teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Software dapat pula di
artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan
komputer dan peralatannya.
a. mengatur Input atau Output (I/O)
dari PC
b. menyediakan dan mengatur serta memerintahkan hardware
agar dapat berjalan dengan baik
c. menjalankan perintah-perintah tertentu seperti
menggambar, memutar musik atau film.
d. Mengidentifikasi program
e. Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja
seluruh perangkat komputer terkontrol.
f. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
B.
Sejarah
Perkembangan Software
Perangkat lunak sebelum komputer generasi pertama
300 SM : Penggunaan obor sebagai signal
untuk mengirimkan berita yang digunakan oleh bangsa Yunani
1842 : Ada Augusta, penulis perangkat lunak
pertama kali yang digunakan pada Babbage’s Analytical Engine.
1933 : Wallace J. Eckert menggabungkan beberapa
mesin akuntansi kartu plong IBM yang berbeda.
1945 : Kutu yang pertama
Sejarah perkembangan software
komputer juga dapat dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan
Modern. Berikut adalah sejarah perkembangan software komputer :[3]
1.
Era Pioneer (Pemula)
Pada Era Pioneer ini bentuk software
komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam
komputer, cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card
yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan
secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk
tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
2.
Era Stabil
Pada era ini penggunaan komputer sudah banyak
digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga
oleh kalangan industri/perusahaan. Perangkat lunak
mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang
dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses
yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak
mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real
time). Pada era ini mulai dekanal sistem basis data, yang memisahkan antara
program (pemroses) dengan data (yang diproses).
3.
Era Mikro
Pada era ini, perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat
lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang
digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.
Otomatisasi (peralatan secara otomatis) yang ada di dalam perangkat lunak
mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4.
Era Modern
Pada Era Modern ini software
komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan
sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat
kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin
meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
C.
Jenis
Software
Hardware (perangkat
keras) komputer, tidak akan dapat digunakan tanpa kita beri perintah dengan
suatu kode atau bahasa pemrograman tertentu, atau yang sering disebut sebagai software komputer. Struktur Software komputer menurut James A.
O’brien terbagi menjadi 2, yaitu :[4]
1.
Software Aplikasi
Software Aplikasi merupakan software yang digunakan untuk melakukan
pemrosesan, pekerjaan akhir bagi pengguna akhir (end user) suatu hardware.
Contoh : Microsoft Word, Excel. Sofware ini terbagi menjadi 2
klasifikasi yaitu :
a. Sofware Aplikasi Umum
Program yang melakukan
pekerjaan pemrosesan informasi umum bagi para pemakai akhir. Contohnya: program
pengolah kata (word processing), program
kertas kerja (spreedsheet), program program managemen data base, program
grafik, adalah program-program yang terkenal diantara para pemakai,
mikrokomputer untuk pemakaian rumah, pendidikan, bisnis, keilmuan, dan banyak
tujuan lain.
b. Sofware Aplikasi
Khusus (Sofware Aplikasi Bisnis)
Tersedia untuk mendukung aplikasi khusus
para pemakai akhir dalam bisnis dan bidang lainnya. Contohnya: sofware
aplikasi bisnis mendukung perekayasaan ulang dan otomatisasi proses bisnis
dengan aplikasi e-bussiness strategis seperti managemen hubungan
pelanggan, enterprise resourse planning, dan menegemen
rantai pasokan. Contoh lainnya adalah sofware yang dapat diaplikasikan
dalam web seperti electronic commer, atau dalam berbagai area
fungsional seperti managemen sumberdaya manusia, akuntansi dan keuangan.
2.
Software Sistem
Sofware Sistem merupakan suatu software
yang digunakan mengelola, mendukung operasi sistem dan jaringan. Contohnya : operation system. Software sistem terdiri
dari 2 klasifikasi, yaitu :
a.
Program
Managemen Sistem
Merupakan program untuk mengelola hardware,
software, jaringan dan sumber daya data dari sistem komputer selama
pengoperasian berbagai pekerjaan pemrosesan informasi dari para pemakai.
Contoh: dari program managemen sistem penting adalah sistem operasi, program
managemen jaringan, sistem managemen database, dan utilitas sistem.
b. Program Pengembangan Sistem
Merupakan program-program yang membantu para
pemakai untuk mengembangkan program dan prosedur sistem informasi serta yang
mempersiapkan program bagi para pemakai untuk pemrosesan melalui komputer.
Program pengembangan sofware utama adalah penerjemah dan editor bahasa
pemrograman, serta berbagai jenis CASE (Computer-Aided Software Engineering)
dan alat pemrograman lainnya.
Software atau perangkat
lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam,
yaitu software berbayar, software gratis atau free (freeware,
free software, shareware, adware).[5]
1.
Software Berbayar
Software berbayar merupakan perangkat
lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin
menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau
membayar pada pihak yang mendistribusikan. Pengguna yang menggunakan software berbayar
umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara
bebas tanpa ijin ada penerbitnya. Contoh software berbayar ini misalnya
adalah system Microsoft windows, Microsoft office, adobe photoshop, dan
lain-lain.
2.
Software Gratis (Freeware)
Freeware atau perangkat lunak gratis
adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa
batasan waktu. Berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya
membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk
memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis freeware
“untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan
hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware
juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa
biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail
client dan mozilla news, juga didistribusikan di
bawah GPL (Free Software)
3.
Free
Software
Free software dikenal juga sebagai Freed
Software, Liberated Software (software libre) atau FRS (freely
redistributably software). Kata "FREE" disini bukan
berarti bebas tanpa aturan untuk menyalin, memodifikasi, dan mendistribusikan
namun semua itu ada aturan dan syaratnya yang harus dipatuhi oleh pengembang
dan penggunanya. Persyaratan tersebut tertuang dalam lisensi yang digunakan
oleh Free Software. Jadi bukan berarti Free Software
tidak berlisensi. Pada akhirnya timbul kesalahpahaman bahwa layanan yang
diberikan dengan menggunakan Free Software itu tidak boleh
dikomersilkan alias harus selalu gratis. Ini yang sering menyebabkan
pengadopsian Free Software dalam suatu model bisnis yang dapat
diterima menjadi sulit. Sebagai contoh rekan-rekan yang menjual CDROM berisi
GNU/Linux GPL dianggap juga membajak dan tidak etis (padahal yang dilakukan
adalah menjual layanan penyalinan dan menjual media CDROM tersebut).
4.
Shareware
Jenis
yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software
yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka
waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan
menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak
menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware
diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli
softwarenya. Seperti freeware, shareware masih dibatasi oleh hak
cipta. Tujuan pembuatan shareware cukup jelas, yaitu memberikan contoh
hasil jadi software tersebut sebelum dibeli oleh pengguna. Beberapa
contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan
sebagainya.
D. Identifikasi Macam-macam Software
Komputer
Perangkat
lunak terbagi menjadi 4 macam :[6]
1.
Sistem
Operasi (Operating System)
Sistem
operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada
saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer.
sistem operasi adalah program yang digunakan untuk mengendalikan kerja komputer. Terdapat 2 jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem) dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP, serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
sistem operasi adalah program yang digunakan untuk mengendalikan kerja komputer. Terdapat 2 jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem) dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP, serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
Fungsi utama sistem operasi :
a. Menyimpan program dan aksesnya
b. Membagi tugas di dalam CPU
c. Mengalokasikan tugas-tugas penting
d. Merekam sumber-sumber data
e. Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan,
menghapus dan mendapatkan data
f. Memeriksa kesalahan sistem
g. Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows
‘98″, Windows NT”, /2000/XP
h. Memelihara keamanan sistem, khusus
pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID.
2.
Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Programing Language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut
bahasa karena komputer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang
harus ditaati oleh pemakainya. Yang
termasuk dalam jenis ini adalah : [7]
a.
Low
Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah
karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk
program ini adalah bahasa mesin assembly language.
b.
High
Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi
karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini
adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dan
sebagainya.
3.
Program
Bantu dan Program Tambahan (Utility)
Adalah program yang digunakan untuk membantu meningkatkan kinerja sistem
operasi. Program
bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi
kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. Merupakan
perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang
ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data,
mengkompres file, dan lain-lain.
4.
Program
Aplikasi
Program
aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan
untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan
sesuai kebutuhan.
Program
aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi : [8]
a. Word Processing (Pengolah Kata)
Word Processing
adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Program paket
ini dapat membuat komputer berfungsi sebagai mesin ketik elektronik yang
canggih. Jenis dari pengolah kata yang terkenal, antara lain:
1)
WordStar
2)
Word Perfect
3)
Multimate
4)
Microsoft Word
5)
Turbo Sprint, dan
lain-lain
b.
Pembuat
Artikel (Publisher) atau lazim disebut software Desktop Publishing
Merupakan
program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk
dicetak. Dengan paket ini komputer dapat berfungsi sebagai mesin editor untuk
membuat majalah, koran, ataupun berbagai bentuk artikel lainnya. Yang termasuk
dalam paket program ini antara lain:
1)
Ventura Publisher
2)
Aldus Page Maker (dengan berbagai
versinya)
3)
Adobe Page Maker (dengan berbagai
versinya)
4)
Corel Draw (dengan berbagai versinya)
5)
Aldus Free Hand (dengan berbagai
versinya)
6)
Harvard Graphics, dan lain-lain
c. Program Speadsheet (Pengolah Angka)
Merupakan
program-program
yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Dengan program ini komputer
berfungsi sebagai kertas kerja yang dapat melakukan perhitungan secara
otomatis. Adapun jenis dari spreadsheet yang cukup terkenal seperti:
1)
Lotus 123
(dengan berbagai versinya)
2)
Supercalc
3)
Symphony
4)
Frame Work
5)
Quattro
6)
Microsoft Works (Spreadsheet)
7)
Microsoft Excel (dengan berbagai versinya), dan lain-lain.
Salah
satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam
jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk
menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan
program yang disebut dengan program database management system
(disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Program ini
dapat membuat komputer mengolah data dalam bentuk file secara mudah, rapi, dan
cepat dalam hal penempatan dan manipulasinya. Yang termasuk program aplikasi
ini antara lain:
1)
Ms. Access
2)
dBase (dengan berbagai versinya)
3)
Oracle
4)
Fox Base
5)
Dac Easy Base
6)
Fox Pro
7)
Visual Fox Pro, dan lain-lain
e.
Animasi[10]
Program paket yang dapat membuat animasi
berupa gambar ataupun tulisan, dengan berbagai fasilitasnya (warna, bergerak,
dan lain-lain). Contoh-contoh program animasi adalah sebagai berikut:,
1)
Story Board, Show Partner
2)
dr Hallo,
Fanta Vision
3)
Cartooner, Disney Animation Studio
4)
Tempra Pro, Assymetric Toolcox, Animator Studio
5)
Macromedia Flash, Director, dan lain-lain
f. Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat
gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk
membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar
dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer
mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.[11]
g. Program Akuntasi
Aplikasi
yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan
dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : Dac Easy Accounting, Pacioli
2000, Peach Tree Accounting.
h. Program Statistik
Program
statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang
berhubungan dengan analisis statistik. Program yang digunakan untuk mengolah
data-data statistik. Contoh-contoh program ini adalah: [12]
1)
My Stat
2)
Micro Stat
3)
Statplan
4)
SPSS
5)
Math Lab, dan lain-lain
i.
Communication
Communication merupakan program yang
digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon
Copy, Data Fax, Procomm Plus, CrossTalk.
j.
Multimedia
Multimedia
merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan
multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. [13]
Program Audio
1)
Utility
Sound Card
2)
Goldwave
3)
Cakewalk
Pro Audio – Midi
4)
Sound
Forge, dan lain-lain
Program Video
1)
Adobe
Premiere
2)
Deputy
Soft
3)
Video
EditMpeg Player, dan lain-lain
Program Image Editing
1)
Photo
Styler
2)
Image
Styler
3)
Photo
Finish
4)
Adobe
PhotoShop, dan lain-lain
Program 3D Animation
1)
3D
Studio Max
2)
Crystal
Topas
3)
Infinidy, dan lain-lain
k. Game
Game merupakan program untuk permainan.
Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia.[14]
l.
Antivirus
Antivirus
merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada
komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus,
AVG.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Perkembangan software dari masa ke masa selalu
mengalami peningkatan. Pada awalnya software bukanlah alat yang
diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang.
Dulu software diciptakan hanya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi
seiring dengan perkembangan zaman software ini terus berevolusi menjadi
mesin serbaguna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
Diantara banyak teknologi informasi yang hampir kita temukan
di setiap tempat, kita bisa menemukan software. Sekarang software
sangat berkembang pesat, hampir setiap tahun software selalu mengalami
perkembangan. Orang bisa menggunakan komputer dimana saja di rumah, di kafe, di
sekolah, dan di tempat lainnya. Sedangkan model dan desain dari software
itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan
komputer, maka penggunanya hanya bisa di menggunakan komputer di kantor atau di
rumah. Sedangkan saat ini pengguna komputer bisa menggunakan komputer di mana
saja yang mereka inginkan.
B.
Saran
Untuk kemajuan teknologi komputer, maka diharapkan agar
perkembangan komputer mampu mengubah pola pikir dan menjadikan masyarakat
Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas
hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan
adanya teknologi komputer dan softwarenya dapat dimanfaatkan sesuai dengan
kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdar bangsa, bukannya untuk
menghancurkan moral bangsa.
DAFTAR PUSTAKA
Gulif,
Dini. Makalah Perkembangan Software. http://dinigulif.blogspot.com/2011/11/makalah-perkembangan-software.html. diakses pada tanggal 30 Oktober
2014 pukul 08.45.
MAESTRO
(Materi Esensial Terprogram). Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA
Kelas X Semester Ganjil. Klaten : CV. AVIVA. 2010.
Permana,
Budi. Student Guide Series Microsoft Office Access 2007. Jakarta : Elex
Media Komputindo. 2007.
Syamsuardi. Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta :
Penerbit Erlangga.
2004.
Vanny. Makalah
Software. http://v4nny99.blogspot.com/2012/11/makalah-software.html. diakses pada tanggal 30 Oktober
2014 pukul 09.30.
Yulius,
Oscar. Kompas IT Kreatif CorelDraw. Yogyakarta : Panser Pustaka. 2010.
[1] MAESTRO (Materi Esensial
Terprogram), Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA Kelas X Semester
Ganjil, (Klaten : CV. AVIVA, 2010), hlm. 5.
[3] Dini Gulif, Makalah
Perkembangan Software,( http://dinigulif.blogspot.com/2011/11/makalah-perkembangan-software.html), diakses pada tanggal 30 Oktober
2014 pukul 08.45.
[5] Vanny, Makalah Software, (http://v4nny99.blogspot.com/2012/11/makalah-software.html), diakses pada tanggal 30 Oktober
2014 pukul 09.30.
[9] Budi Permana, Student
Guide Series Microsoft Office Access 2007, (Jakarta : Elex Media
Komputindo, 2007), hlm. 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar