Sugeng Rawuh Teng Blog Kula "Dinazad"

Sabtu, 16 Mei 2015

SOFTWARE KOMPUTER


                                                                           BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah komputer. Sekarang komputer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun komputer selalu mengalami perkembangan. Orang bisa menggunakan komputer dimana saja di rumah, di kafe, di sekolah, dan di tempat lainnya. Sedangkan model dan design dari komputer itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan komputer maka hanya bias di kantor atau di rumah, kalau sekarang mereka bisa menggunakan komputer tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
Software komputer menjadi bagian yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan menggunakan komputer. Software office membantu kita mengerjakan pekerjaan kantor yang berhubungan dengan dokumen pengolah kata, software grafis membantu kita mengerjakan pekerjaan – pekerjaan olah gambar, ataupun software multimedia yang membantu kita mengerjakan pekerjaan olah multimedia.
Saat ini sangat banyak software yang beredar dimasyarakat baik yang gratis maupun berbayar. Dalam menentukan software mana yang akan kita pakai. Berbagai jenis software dapat kita peroleh sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita bisa mendapatkan software pengolah kata seperti Microsoft Office, Wordpad, Open Office Writer, Corel Wordprefect untuk kebutuhan menulis. Atau juga Photoshop, Coreldraw, Adobe Freehand, Adobe Ilustrator, untuk desain gambar. Juga bisa menggunakan Autocad, SAP, Autodesk Revit Architecture untuk desain rumah atau bangunan.
Software yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus, ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan system aljabar boolean.

B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan pemakalah bahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Apa yang dimaksud dengan software?
2.      Bagaimana perkembangan software dari dulu hingga saat ini?
3.      Apa saja jenis dari software?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Software
Pengertian software secara harfiah adalah piranti lunak, perangkat lunak, program komputer. Istilah baku software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak.[1] Software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Perangkat lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.
Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Software dapat pula di artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya.
Adapun fungsi dari software komputer adalah :[2]
a.       mengatur Input atau Output (I/O) dari PC
b.      menyediakan dan mengatur serta memerintahkan hardware agar dapat berjalan dengan baik
c.       menjalankan perintah-perintah tertentu seperti menggambar, memutar musik atau film.
d.      Mengidentifikasi program
e.       Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol.
f.       Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

B.     Sejarah Perkembangan Software
Perangkat lunak sebelum komputer generasi pertama
300 SM    :    Penggunaan obor sebagai signal untuk mengirimkan berita yang digunakan oleh bangsa Yunani
1842         :    Ada Augusta, penulis perangkat lunak pertama kali yang digunakan pada Babbage’s Analytical Engine.
1933         :    Wallace J. Eckert menggabungkan beberapa mesin akuntansi kartu plong IBM yang berbeda.
1945         :    Kutu yang pertama
Sejarah perkembangan software komputer  juga dapat dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah sejarah perkembangan software komputer :[3]
1.      Era Pioneer (Pemula)
Pada Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
2.      Era Stabil
Pada era ini penggunaan komputer sudah banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri/perusahaan. Perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai dekanal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang diproses).
3.      Era Mikro
Pada era ini, perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Otomatisasi (peralatan secara otomatis) yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4.      Era Modern
Pada Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.

C.    Jenis Software
Hardware (perangkat keras) komputer, tidak akan dapat digunakan tanpa kita beri perintah dengan suatu kode atau bahasa pemrograman tertentu, atau yang sering disebut sebagai software komputer. Struktur Software komputer menurut James A. O’brien terbagi menjadi 2, yaitu :[4]
1.      Software Aplikasi
Software Aplikasi merupakan software yang digunakan untuk melakukan pemrosesan, pekerjaan akhir bagi pengguna akhir (end user) suatu hardware. Contoh : Microsoft Word, Excel. Sofware ini terbagi menjadi 2 klasifikasi yaitu :
a.       Sofware Aplikasi Umum
Program yang melakukan pekerjaan pemrosesan informasi umum bagi para pemakai akhir. Contohnya: program pengolah kata (word processing), program kertas kerja (spreedsheet), program program managemen data base, program grafik, adalah program-program yang terkenal diantara para pemakai, mikrokomputer untuk pemakaian rumah, pendidikan, bisnis, keilmuan, dan banyak tujuan lain.
b.      Sofware Aplikasi Khusus (Sofware Aplikasi Bisnis)
Tersedia untuk mendukung aplikasi khusus para pemakai akhir dalam bisnis dan bidang lainnya. Contohnya: sofware aplikasi bisnis mendukung perekayasaan ulang dan otomatisasi proses bisnis dengan aplikasi e-bussiness strategis seperti managemen hubungan pelanggan, enterprise resourse planning, dan menegemen rantai pasokan. Contoh lainnya adalah sofware yang dapat diaplikasikan dalam web seperti electronic commer, atau dalam berbagai area fungsional seperti managemen sumberdaya manusia, akuntansi dan keuangan.
2.      Software Sistem
Sofware Sistem merupakan suatu software yang digunakan mengelola, mendukung operasi sistem dan jaringan. Contohnya : operation system. Software sistem terdiri dari 2 klasifikasi, yaitu :
a.       Program Managemen Sistem
Merupakan program untuk mengelola hardware, software, jaringan dan sumber daya data dari sistem komputer selama pengoperasian berbagai pekerjaan pemrosesan informasi dari para pemakai. Contoh: dari program managemen sistem penting adalah sistem operasi, program managemen jaringan, sistem managemen database, dan utilitas sistem.
b.      Program Pengembangan Sistem
Merupakan program-program yang membantu para pemakai untuk mengembangkan program dan prosedur sistem informasi serta yang mempersiapkan program bagi para pemakai untuk pemrosesan melalui komputer. Program pengembangan sofware utama adalah penerjemah dan editor bahasa pemrograman, serta berbagai jenis CASE (Computer-Aided Software Engineering) dan alat pemrograman lainnya.
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free (freeware, free software, shareware, adware).[5]
1.      Software Berbayar
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikan. Pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. Contoh software berbayar ini misalnya adalah system Microsoft windows, Microsoft office, adobe photoshop, dan lain-lain.
2.      Software Gratis (Freeware)
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu. Berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan mozilla news, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software)
3.      Free Software
Free software dikenal juga sebagai Freed Software, Liberated Software (software libre) atau FRS (freely redistributably software). Kata "FREE" disini bukan berarti bebas tanpa aturan untuk menyalin, memodifikasi, dan mendistribusikan namun semua itu ada aturan dan syaratnya yang harus dipatuhi oleh pengembang dan penggunanya. Persyaratan tersebut tertuang dalam lisensi yang digunakan oleh Free Software. Jadi bukan berarti Free Software tidak berlisensi. Pada akhirnya timbul kesalahpahaman bahwa layanan yang diberikan dengan menggunakan Free Software itu tidak boleh dikomersilkan alias harus selalu gratis. Ini yang sering menyebabkan pengadopsian Free Software dalam suatu model bisnis yang dapat diterima menjadi sulit. Sebagai contoh rekan-rekan yang menjual CDROM berisi GNU/Linux GPL dianggap juga membajak dan tidak etis (padahal yang dilakukan adalah menjual layanan penyalinan dan menjual media CDROM tersebut).
4.      Shareware
Jenis yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan pembuatan shareware cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software tersebut sebelum dibeli oleh pengguna. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.

D.    Identifikasi Macam-macam Software Komputer
Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam :[6]
1.      Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat booting sebagai dasar pengoperasian komputer.
sistem operasi adalah program yang digunakan untuk mengendalikan kerja komputer. Terdapat 2 jenis sistem operasi berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem) dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP, serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
Fungsi utama sistem operasi :
a.       Menyimpan program dan aksesnya
b.      Membagi tugas di dalam CPU
c.       Mengalokasikan tugas-tugas penting
d.      Merekam sumber-sumber data
e.       Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
f.       Memeriksa kesalahan sistem
g.      Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows ‘98″, Windows NT”, /2000/XP
h.      Memelihara keamanan sistem,   khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID.
2.      Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Programing Language merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Disebut bahasa karena komputer language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya.  Yang termasuk dalam jenis ini adalah : [7]
a.       Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin assembly language.
b.      High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dan sebagainya.
3.      Program Bantu dan Program Tambahan (Utility)
Adalah program yang digunakan  untuk membantu meningkatkan kinerja sistem operasi. Program bantu (utility) merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
4.      Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan.
Program aplikasi dapat dibedakan lagi menjadi : [8]
a.       Word Processing (Pengolah Kata)
Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Program paket ini dapat membuat komputer berfungsi sebagai mesin ketik elektronik yang canggih. Jenis dari pengolah kata yang terkenal, antara lain:
1)      WordStar
2)      Word Perfect
3)      Multimate
4)      Microsoft Word
5)      Turbo Sprint, dan lain-lain
b.      Pembuat Artikel (Publisher) atau lazim disebut software Desktop Publishing
Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Dengan paket ini komputer dapat berfungsi sebagai mesin editor untuk membuat majalah, koran, ataupun berbagai bentuk artikel lainnya. Yang termasuk dalam paket program ini antara lain:
1)      Ventura Publisher
2)      Aldus Page Maker (dengan berbagai versinya)
3)      Adobe Page Maker (dengan berbagai versinya)
4)      Corel Draw (dengan berbagai versinya)
5)      Aldus Free Hand (dengan berbagai versinya)
6)      Harvard Graphics, dan lain-lain
c.       Program Speadsheet (Pengolah Angka)
Merupakan program-program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Dengan program ini komputer berfungsi sebagai kertas kerja yang dapat melakukan perhitungan secara otomatis. Adapun jenis dari spreadsheet yang cukup terkenal seperti:
1)      Lotus 123 (dengan berbagai versinya)
2)      Supercalc
3)      Symphony
4)      Frame Work
5)      Quattro
6)      Microsoft Works (Spreadsheet)
7)      Microsoft Excel (dengan berbagai versinya), dan lain-lain.
d.      Database Management System (Pengolah Data)[9]
Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Program ini dapat membuat komputer mengolah data dalam bentuk file secara mudah, rapi, dan cepat dalam hal penempatan dan manipulasinya. Yang termasuk program aplikasi ini antara lain:
1)      Ms. Access
2)      dBase (dengan berbagai versinya)
3)      Oracle
4)      Fox Base
5)      Dac Easy Base
6)      Fox Pro
7)      Visual Fox Pro, dan lain-lain
e.       Animasi[10]
Program paket yang dapat membuat animasi berupa gambar ataupun tulisan, dengan berbagai fasilitasnya (warna, bergerak, dan lain-lain). Contoh-contoh program animasi adalah sebagai berikut:,
1)      Story Board, Show Partner
2)      dr Hallo, Fanta Vision
3)      Cartooner, Disney Animation Studio
4)      Tempra Pro, Assymetric Toolcox, Animator Studio
5)      Macromedia Flash, Director, dan lain-lain
f.       Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio.[11]
g.      Program Akuntasi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : Dac Easy Accounting, Pacioli 2000, Peach Tree Accounting.
h.      Program Statistik
Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Program yang digunakan untuk mengolah data-data statistik. Contoh-contoh program ini adalah: [12]
1)      My Stat
2)      Micro Stat
3)      Statplan
4)      SPSS
5)      Math Lab, dan lain-lain
i.        Communication
Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, Data Fax, Procomm Plus, CrossTalk.
j.        Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. [13]
Program Audio
1)      Utility Sound Card
2)      Goldwave
3)      Cakewalk Pro Audio – Midi
4)      Sound Forge, dan lain-lain
Program Video
1)      Adobe Premiere
2)      Deputy Soft
3)      Video EditMpeg Player, dan lain-lain
Program Image Editing
1)      Photo Styler
2)      Image Styler
3)      Photo Finish
4)      Adobe PhotoShop, dan lain-lain
Program 3D Animation
1)      3D Studio Max
2)      Crystal Topas
3)      Infinidy, dan lain-lain
k.      Game
Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia.[14]
l.        Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Perkembangan software dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya software bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu software diciptakan hanya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman software ini terus berevolusi menjadi mesin serbaguna khususnya pada bidang industri dan penelitian.
Diantara banyak teknologi informasi yang hampir kita temukan di setiap tempat, kita bisa menemukan software. Sekarang software sangat berkembang pesat, hampir setiap tahun software selalu mengalami perkembangan. Orang bisa menggunakan komputer dimana saja di rumah, di kafe, di sekolah, dan di tempat lainnya. Sedangkan model dan desain dari software itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan komputer, maka penggunanya hanya bisa di menggunakan komputer di kantor atau di rumah. Sedangkan saat ini pengguna komputer bisa menggunakan komputer di mana saja yang mereka inginkan.

B.     Saran
Untuk kemajuan teknologi komputer, maka diharapkan agar perkembangan komputer mampu mengubah pola pikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan adanya teknologi komputer dan softwarenya dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdar bangsa, bukannya untuk menghancurkan moral bangsa.



DAFTAR PUSTAKA


Gulif, Dini. Makalah Perkembangan Software. http://dinigulif.blogspot.com/2011/11/makalah-perkembangan-software.html. diakses pada tanggal 30 Oktober 2014 pukul 08.45.
MAESTRO (Materi Esensial Terprogram). Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA Kelas X Semester Ganjil. Klaten : CV. AVIVA. 2010.
Permana, Budi. Student Guide Series Microsoft Office Access 2007. Jakarta : Elex Media Komputindo. 2007.
Syamsuardi. Teknologi Informasi & Komunikasi. Jakarta : Penerbit Erlangga. 2004.
Vanny. Makalah Software. http://v4nny99.blogspot.com/2012/11/makalah-software.html. diakses pada tanggal 30 Oktober 2014 pukul 09.30.
Yulius, Oscar. Kompas IT Kreatif CorelDraw. Yogyakarta : Panser Pustaka. 2010.



[1] MAESTRO (Materi Esensial Terprogram), Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA Kelas X Semester Ganjil, (Klaten : CV. AVIVA, 2010), hlm. 5.
[2] Log. Cit, hlm. 5.
[3] Dini Gulif, Makalah Perkembangan Software,( http://dinigulif.blogspot.com/2011/11/makalah-perkembangan-software.html), diakses pada tanggal 30 Oktober 2014 pukul 08.45.
[4] Syamsuardi, Teknologi Informasi & Komunikasi, (Jakarta : Penerbit Erlangga, 2004), hlm. 9.
[5] Vanny, Makalah Software, (http://v4nny99.blogspot.com/2012/11/makalah-software.html), diakses pada tanggal 30 Oktober 2014 pukul 09.30.
[6] Ibid.
[7] Ibid.
[8] Ibid.
[9] Budi Permana, Student Guide Series Microsoft Office Access 2007, (Jakarta : Elex Media Komputindo, 2007), hlm. 1
[10] Vanny, Op.Cit.
[11] Oscar Yulius, Kompas IT Kreatif CorelDraw, (Yogyakarta : Panser Pustaka, 2010), hlm. 3.
[12] Vanny, Op.Cit.
[13] Ibid.
[14] Ibid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar